Berita

Kerjasama STAIN Kudus dengan Kuwait University

Administrator | Selasa, 04 Februari 2014 - 14:22:44 WIB | dibaca: 1204 pembaca

Kudus - Dalam rangka mempererat kerjasama international, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus melakukan kunjungan kerja ke berbagai negara di timur tengah. Kunjungan ini menghasilkan nota kerjasama antar perguruan tinggi, diantaranya dengan Kuwait University. Kerjasama itu menyangkut beberapa hal, yaitu pertukaran mahasiswa dan dosen, penerbitan jurnal international, dan halaqah dakwah Islamiyah.

Penandatanganan kesepakatan dilakukan oleh Rektor Universitas Kuwait yang diwakili oleh Dekan Studi Islam Prof. Dr. Mubarak Saef Alhajri dan Ketua STAIN Kudus DR. H. Fathul Mufid, M.S.I. Selain menandatangani nota kerjasama dengan Kuwait University, STAIN Kudus juga melakukan pertemuan informal dengan Al Zaetonah University of Jordania di Jordania dan Al Jamiah Al Madinah atau Madinah University yang berara di Arab Saudi dan akan ditindaklanjuti dengan penanadatanganan kesepakatan pada tahun depan.

Rombongan STAIN Kudus juga diterrima oleh Menteri Urusan Islam dan Wakaf Kuwait Dr. Nazif Ajmi dan Wakilnya Dr. Isa Ahmed Al Ebaidli. Pertemuan dilaksanakan diruang tamu khusus menteri negara kuwait. Dalam kesempatan ini telah didiskusikan banyak hal, khususnya menyangkut pemberdayaan lembaga ekomoni Islam dan optimalisasi lembaga dakwah Indonesia.

Diakhir pertemuan diperoleh kesepakatan kedua belah pihak. Kesepakatan itu yakni pertemuan itu tidak boleh hanya seremonial belaka tetapi harus ditindaklanjuti dengan berbagai pelaksanaan kegiatan bersama antara STAIN kudus dengan Kantor Kementerian Urusan Islam dan Wakaf, baik yang diselenggarakan di indonesia atau di Kuwait.  

Kedua, STAIN Kudus diminta menyusun konsep atau peta potensi ekonomi umat Islam dan peta potensi dakwah Islam yang ada di Jawa Tengah yang tujuannya agar pemerintah Kuwait melalui kementerian terkait mengetahui secara rinci problematika ekonomi umat Islam dan dakwah Islam di Indonesia khususnya di Jawa Tengah.

Ketiga, STAIN Kudus diharapkan menjadi partner kementerian itu dalam memberikan berbagai bantuan kepada lembaga keuangan Islam dan lembaga dakwah di Jawa Tengah.

Hasil pertemuan ini akan segera ditindaklanjuti dengan cara mengirimkan tim kecil untuk bertemu dengan staf Kementerian Urusan Islam dan Wakaf. Pertemuan akan membahas langkah teknis pelaksanaan kerjasama dengan pemberdayaan lembaga keuangan Islam serta lembaga dakwah agar Islam benar benar terwujud secara ideal di tengah masyarakat.