Berita

SELEKSI UMPTKIN 2017 DI STAIN KUDUS

TIPD STAIN Kudus | Selasa, 23 Mei 2017 - 13:53:38 WIB | dibaca: 893 pembaca

SELEKSI UMPTKIN 2017 DI STAIN KUDUS

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus pada hari Selasa 23 Mei 2017 melaksanakan seleksi masuk jalur ujian masuk Perguruan Tinggi Keagamaan  Islam Negeri (UMPTKIN) Tahun 2017. Menurut Ketua Panitia Lokal (Panlok)STAIN Kudus yang juga sebagai Wakil Ketua I Bidang Akademik Dr. M. Saekan Muchith, S.Ag, M.Pd menjelaskan bahwa peserta ujian diikuti oleh 1399 pendaftar dengan rincian IPA 124, IPS 910 dan IPC 365.

Pada saat dimintai pendapatnya, M. Saekan di ruang kerjanya lebih detail menuturkan bahwa peserta ujian ini memilih diantara beberapa pilihan dari 26 program studi  yang ada di empat jurusan di STAIN Kudus yaitu :

Pertama Jurusan Tarbiyah, terdapat Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD),  Pendidikan/Tadris IPA, Pendidikan/Tadris IPS, Pendidikan/Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan/Tadris Matematika, Pendidikan/Tadris Biologi, Bimbingan Dan Konseling Islam (BKI).

Kedua, Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam dengan Prodi Hukum Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Manajemen Zakat Wakaf, Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah, Ekonomi Syariah, Manajemen Bisnis Syariah.

Ketiga, Jurusan Ushuludin, Prodi Ilmu al-Qur`an dan Tafsir (IQT), Ilmu Hadis, Akidah dan Filsafat Islam, Tasawuf dan Psikoterapi.

Keempat, Jurusan Dakwah dan Komunikasi dengan prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pemikiran Politik Islam, Manajemen Dakwah, Pengembangan Masyatakat Islam.

Bagi yang belum bisa diterima di STAIN Kudus lewat jalur UMPTKIN, para pendaftar masih punya kesempatan ikut daftar seleksi masuk jalur lokal mandiri yang pendaftaran mulai tanggal 15 Mei - 20 Juli 2017. Pendaftaran setiap hari kerja Senin-Jumat mulai jam 08.00-15.00 WIB, begitu papar Dr. Saekan Muchith yang selalu akrab dengan dosen dan mahasiswa.

Doktor lulusan Universitas Negeri Semarang yg suka berpenampilan keren dan suka memakai celana jeans menceritakan tentang beasiswa yang bisa diperoleh bagi mahasiswa STAIN Kudus yaitu beasiswa bagi yang diterima di STAIN Kudus yaitu beasiswa bidikmisi, beasiswa tahfidz, beasiswa prestasi akademik, beasiswa bahasa asing, beasiswa dari supersemar dan dari PT Djarum. (HMS STAIN)