Berita

STAIN Kudus Mengikuti PIONIR VIII 2017 di Aceh

TIPD STAIN Kudus | Selasa, 02 Mei 2017 - 12:45:42 WIB | dibaca: 234 pembaca

STAIN Kudus Mengikuti PIONIR VIII 2017 di  Aceh

Kegiatan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia ke VIII di Stadion Kampus UIN Arraniry Banda Aceh resmi dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (26/4/2017). Dilaksanakan mulai 26 April- 1 Mei 2017 dengan tema ‘Sportif Dalam Prestasi, Damai Dalam Keberagaman’. PIONIR 2017 diikuti oleh 11 Universitas Islam Negeri (UIN), 32 Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan 12 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

PIONIR kali ini terdapat empat kategori lomba yang digelar yaitu Bidang Ilmiah, Olahraga, Seni, dan Riset. Bidang ilmiah terdiri dari empat perlombaan, yakni; Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Musabaqoh Makalah Qur'ani (MMQ), dan Musabagoh Qiratul Kutub (MQK). Untuk olahraga, ada sepuluh cabor yang dilombakan, yaitu; futsal, volly ball, tenis meja, bulu tangkis, catur, panjat dinding, sepak takraw, pencak silat, basket, dan karate.

Selanjutnya Bidang seni memiliki delapan cabang, yakni; Musabaqah Al-Quran, Musabaqah Hifdzil Quran, Kaligrafi, Pop Solo Islami, Design dan Peragaan Busana Muslim, Puitisasi Al Quran, Marawis, dan Musabaqoh Syahril Quran. Sedang bidang riset melombakan dua cabang, yakni; Karya Tulis dan Karya Inovatif mahasiswa.

Kontingen STAIN Kudus pada PIONIR VIII di Aceh sebanyak 28 peserta serta 7 orang pendamping. Pimpinan Kontingen H. Shobirin, M.Ag, yang juga Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama mengatakan bahwa dengan persiapan yang tidak lama dan dengan prasarana yang minim akhirnya kontingen STAIN Kudus bisa ikut berpartisipasi dan mendapatkan medali.

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus dalam mengikuti PIONIR untuk kedelapan kalinya baru pada PIONIR ke VIII di Banda Aceh dapat membawa satu medali perak dari cabang Kaligrafi dan satu medali perunggu dari Cabang Desain dan Peragaan Busana Muslim. (BA)