Berita

STAIN Kudus Rancang Kurikulum Prodi Tadris Bersama Stakeholders

TIPD STAIN Kudus | Rabu, 24 Mei 2017 - 14:30:49 WIB | dibaca: 441 pembaca

 

Tantangan atau problem umat Islam harus didukung dengan hadirnya ilmu-ilmu lintas disiplin di Perguruan Tinggi Agama Islam seperti STAIN Kudus karena problem umat Islam akan dapat diselesaikan dengan pendekatan ilmu-ilmu multi disiplin. Konsekuensinya STAIN Kudus harus mengelola program studi tidak hanya ilmu-ilmu normatif keagamaan seperti alQur`an, tafsir, hadis. Mulai tahun akademik 2017/2018 STAIN Kudus memperoleh kepercayaan dari pemerintah untuk mengelola program studi umum seperti IPA, MTK, Biologi, IPS, perbankan dan akuntansi. Prodi-prodi ini harus disiapkan dengan kurikulum yang matang dan tepat sesuai dengan dinamika perkembangan masyarakat, oleh sebab itu penyusunan  kurikulum yang melibatkan stakeholders harus selalu dilakukan secara intensif.  Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua I BIdang akademik Dr. M. Saekan Muchith, S.Ag, M.Pd  dalam sambutan membuka acara FGD Pengembangan Mutu Kelembagaan Melalui Penyusunan Kurikulum Tadris di aula MAN 01 Kudus.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua I menambahkan bahwa Penyusunan kurikulum STAIN Kudus menggunakan pendekatan kolaboratif yaitu dengan cara meminta aspirasi dari elemen masyarakat yang memiliki relevansi dengan pengembangan kurikulum STAIN Kudus. Marasah dengan STAIN Kudus ibarat adik dan kakak karena sama-sama mempelajari dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman dan sama-sama memiliki tugas untuk melakukan dakwah islamiyah. FGD diawali dengan penandatanganan MoU antara STAIN Kudus dengan MAN 01 Kudus yang nantinya akan dijadikan landasan untuk melakukan kerjasama dalam kegiatan akademik lainnya.

Saekan menekankan dan mengharapkan bahwa dalam waktu mendatang perlu direncanakan MAN 01 Kudus sebagai madrasah laboratnya STAIN Kudus. Ide atau gagasan ini bagian respon dari harapan kepala MAN 01 Kudus Dra. Hj. Zulaikah, M.Pd.I yang mengharapkan dibuat madrasah laboratorium. Apa yang disepakati melalui MoU tersebut akan ditindak lanjuti oleh masing-masing unit yang terkait, begitu lanjut Dr. M. Saekan Muchith menambahkan. Saya mohon semua kepala unit menindaklanjuti hasil kesepakatan antara STAIN Kudus dan MAN 01 Kudus. Setelah pembukaan dilanjutkan sharing informasi yang dipimpin oleh Dr. Kisbiyanto, M.,Pd selaku Ketua Jurusan Tarbiyah dan Setyoningsih, M.Pd. selaku Sekrertaris Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus. (Hms STAIN)