Berita

Tembus 3.920 Pendaftar STAIN Kudus Raih Penghargaan

Administrator | Selasa, 10 April 2018 - 11:13:25 WIB | dibaca: 1616 pembaca

Kabar gembira didapatkan dari gelaran acara Focused Group Discussion (FGD) Pengelolaan Keuangan SPAN-UM PTKIN 2018 yang dihelat di Jakarta pada 6 april yang lalu. Dalam sesi khusus STAIN Kudus memperoleh penghargaan sebagai perguruan tinggi dengan jumlah pendaftar terbanyak ke III kategori sekolah tinggi agama Islam negeri (STAIN) Pada Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Tahun 2018.

Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

STAIN Kudus memantapkan eksistensinya dalam dikalangan PTIKIN se-Indonesia melampaui capaian tahun sebelumnya. STAIN Kudus berada di posisi ketiga dalam kategori STAIN paling diminati dengan total 3.920 pendaftar. Diharapkan dengan prestasi ini akan menjadi langkah awal untuk meraih prestasi-prestasi yang lain di masa depan.

Sebagai informasi, penghargaan yang diberikan tidak hanya untuk kategori STAIN saja, tetapi juga diberikan dalam kategori Universitas Islam Negeri (UIN) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Posisi tiga besar untuk UIN terfavorit adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (44,696 pendaftar), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (40,713 pendaftar), dan di posisi ketiga adalah UIN Sunan Gunung Djati Bandung (40,713 pendaftar). Sedangkan untuk kategori IAIN terfavorit adalah IAIN Surakarta (10,053 pendaftar), IAIN Bukittingi (9,961 pendaftar) dan diposisi ketiga adalah IAIN Tulungagung (8,411 pendaftar). Daftar tiga besar untuk kategori STAIN adalah STAIN Kediri (5,319 pendaftar), STAIN Pare-Pare (4,583 pendaftar) dan disusul oleh STAIN Kudus (3,920 pendaftar).