Berita

UTIPD Mengadakan Pelatihan E-Learning Bagi Dosen STAIN Kudus

STAIN Kudus | Senin, 09 Maret 2015 - 10:58:22 WIB | dibaca: 1107 pembaca

UTIPD Mengadakan Pelatihan E-Learning Bagi Dosen STAIN Kudus

Kudus - Unit Teknologi Informasi dan pangkalan Data (UTIPD) STAIN Kudus pada hari Rabu - Jumat (4-6/3/2015) menyelenggarakan pelatihan e-learning bagi dosen di lingkungan STAIN Kudus bertempat di Laboratorium Komputer A, Gedung Laboratorium lantai 3.
Kepala UTIPD, Sutanto M.Kom. menjelaskan bahwa e-learning merupakan pembelajaran jarak jauh (distance learning), yang memanfaatkan teknologi. Mereka menggunakan media jaringan komputer sehingga tak harus secara fisik pergi mengikuti perkuliahan di kelas. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu perkuliahan dengan tatap muka langsung antara dosen dan mahasiswa, mendorong dilaksanakannya sistem pembelajaran jarak jauh (distance learning) dengan memanfaatkan keberadaan teknologi. Dengan keberadaan metode pembelajaran ini, komunikasi antara dosen dan mahasiswa dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
Sehingga e-Learning bagi dosen ini diharapkan menjadi salah satu media komunikasi antara dosen dan mahasiswa diluar perkuliahan dengan sistem tatap muka.  Penggabungan kuliah dengan tatap muka dan pembelajaran jarak jauh dengan e-Learning tersebut seolah-olah tidak membatasi jarak dan waktu pertemuan.
Selain itu Kepala UTIPD, Sutanto, M.Kom. mengatakan bahwa infrastruktur penunjang pembelajaran E-Learning di STAIN Kudus sudah cukup memadahi. Dengan keberadaan server di lingkungan kampus dan jaringan internet dengan besaran bandwidth yang ada, dipastikan mampu untuk melayani dosen dan mahasiswa yang ada. (bah).